Minggu, 29 Juni 2008

Variabel Radio

Tak ada kegiatan yang mendesak kali ini. Tak ada keinginan untuk jalan-jalan. Huuuuhhhh….payah juga! Kubunyikan radio untuk menambah suasana hening rumah biar menjadi rame…,hehehe biasa buat menambah seger pikiran gitu. maka berdendanglah sebuah lagu entah itu lagu dari group mana, yang penting hepi…hehehe, tapi sayang! Belum selesai lagunya radio keburu tak mengeluarkan suara, hanya desahan speaker saja yang terdengar, kuputar chanel tuning tetap saja membisu, kugeser-geser variabelnya barulah terdengar suara krasak krusuk, kadang radio bersuara kadang juga tidak, sehingga aku berkeyakinan bahwa variabelnya bermasalah, bukan ic suara, begitu kata hatiku mantap! Emang yakin banget kali ya!
Hehehe…tak pikir panjang lagi aku langsung ambil obeng dan bongkar tu radio. Satu persatu baut-baut yang menempel kulepaskan sampai pada letak variabel itu berada, sehingga terlihat olehku bekas gesekan-gesekan yang sudah tak ada jalurnya, hmmm inilah penyebabnya.
Ku ambil solderan yang sudah kupanaskan terlebih dahulu, dan mencoba melepaskan variabel-variabel tersebut dengan bantuan sedotan.
Hmmm…ada tiga variabel yang sama dan ada tiga variabel yang beda, jadi enam variabel yang sudah kulepaskan, kuperhatikan dengan seksama ternyata semua variabel tersebut sudah aus semuanya, dengan demikian aku harus menggantinya dengan membeli yang baru di toko-toko elektronik setempat itulah kesimpulanku.

Akhirnya aku berangkat membawa dua buah contoh variabel tadi dengan maksud membelinya. Satu toko sudah ku datangi dengan memperlihatkan contoh yang aku bawa pada si penjual, namun disana variabel seperti itu tidak ditemukan, aku melanjutkan lagi ketoko yang agak jauh, kali ini aku juga tidak mendapatkannya, kulanjutkan lagi ke toko ketiga, hasilnya sama.
Hmmm…kayaknya ga ada yang jual sih itu variabel, hehehe…aku teringat masih ada dua toko elektronik lagi yang belum aku sampiri, yakni di pasar Martapura. Aku bergegas kea rah sana mumpung masih siang dan sudah keburu jalan-jalan. Ya sekalian lah di terusin aja biar ga bolak balik lagi pikirku.
Di toko pertama aku tidak menemukan variabel seperti yang aku maksudkan, rasa kesel juga sih, aku berlalu melintas lalu lalang pengunjung pasar hingga sampai ketoko kedua, kemudian kutanyakan apakah ada jual variabel seperti ini? Hmm… dia bilang “habis mas ai! Yah…pupuslah harapanku untuk mendapatkan variabel tersebut, sejenak aku terdiam di depan toko elektronik itu sambil memandang segala isi toko dan tentu saja tayangan tv saat itu yang memberitakan tentang sebuah lagu dari seorang perempuan , katanya sih perempuan itu bunuh diri setelah menyanyikan lagu tersebut, hehehe…yang aneh! Kok banyak yang ngaku-ngaku lagu itu berasal dari daerah ini daerah itulah, mana yang bener ya? Dan itu sudah beredar di dunia maya, ahhh…emang gue pikirin, variabel yang ku cari aja kagak ketemu, ngapain ikutan heboh soal lagu itu, ya nda! Hehehehe….

Aku pulang dengan tangan hampa, begitu kata-kata yang pas kali. Adakalanya aku pengen ke Banjarmasin hanya untuk beli variabel, ce ileh….mana sempat bro hari sudah pada sore, lagian mana ada kalo udah malam, bener juga ya!
Tiba-tiba terlintas dalam benak, “kasih kawat ja”, bener juga tuh! Tanpa ba bi bu aku langsung potong kabel dan memilah-milah kawat serabut dari kabel itu, hmm… mudah-mudahan ini bisa berlaku buat saya, kucoba membentang satu kawat serabut pada bagian jalur variabel yang sudah aus lantas menyoldernya, satu persatu kulakukan hingga selesai ke enam variabel tersebut kemudian ku kembalikan pada posisi semula hingga terlihat rapi pada tempatnya. Pada radio pun sudah kukembalikan seperti sediakala, selesai sudah.
Kucoba menghidupkan radio dengan terlebih dahulu mecolokkan kabel powernya. Alhasil radio tetap saja diam tanpa suara kecuali desis speaker, ku coba mengotak-atik variabel hasil kanibalanku, hmm…ternyata berhasil! Alunan lagu mengumandang, kupindah-pindah chanelnya nangkap semuanya, kutingkatkan volume biar agak kencang sampai satu buah alunan lagu selesai, tak terjadi apa-apa lagi. Kucoba menyetel tape, hmm… suaranya makin bagus sampai kubiarkan satu kaset selesai, tak terjadi apa-apa lagi, maka semakin yakinlah aku bahwa radio tape ku sudah baikan lagi. Alhamdulillah.
Itulah hasil yang kudapatkan hari ini. Moga bermanfaat bagi kita semua. Amien!



Oh iya! Malam ini kan ada jadwal final euro antara Jerman vs Spanyol nonton bareng ga ya? Ahh…males mending nonton di rumah aje ya, enakan sambil tiduran biar tv nya nonton kita, hehehe…siapa tahu kita tidur beneran, hahaha…
(PARGUM) Parsatuan Guring Malandau